Home » » Ujian CPNS Batam 2013 Gunakan CAT (Computer Assisted Test)

Ujian CPNS Batam 2013 Gunakan CAT (Computer Assisted Test)

HOT : Pendaftaran CPNS: 20 Ags - 3 Sept'14 | Ujian sistem CAT: 8 Sept'14
BERLATIH lah Kisi-kisi Soal CAT CPNS 2014. Klik ini: Kisi.cpnsonline.com
Satu lagi daerah yang akan menerapkan ujian CPNS sistem CAT (Computer Assisted Test) pada ujian penerimaan CPNS 2013 tahun ini adalah pemerintah Kota Batam provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Ujian CAT CPNS adalah sistem baru rekrutment CPNS yang bakal diterapkan di Indonesia sebagai satu langkah transparansi penerimaan CPNS untuk mendukung reformasi birokrasi.

Informasi diterapkannya sistem CAT CPNS ini dalam penerimaan CPNS Batam 2013 seperti diberitakan oleh Antara (30/1). Pemerintah Kota Batam akan membuka lowongan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada 2013 dengan memprioritaskan tenaga honor yang sudah mengabdi di instansi pemerintah dengan menggunakan sistem “online” sesuai kebutuhan. “Penerimaannya sesuai dengan kebutuhan formasi yang lowong. Penerimaan juga akan diprioritaskan tenaga honorer K2 (tenaga yang tidak dibiayai dengan APBN). Sistemnya ‘online’,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Batam, Firmansah di Batam, Rabu 30 Januari 2013.

Meski penerimaan CPNS dilakukan lebih sekali dalam satu tahun, kata dia, namun satu orang hanya bisa ikut tes sekali dalam satu tahun. “Setiap orang hanya diperbolehkan ikut sekali dalam satu tahun. Kalau dalam tres yang diikuti gagal, maka dia hanya boleh mengulang pada tahun berikutnya,” kata dia.

Firman mengatakan, untuk pelaksanaan sistem tersebut masih harus menunggu perangkat dari pusat. “Peserta nantinya tinggal memasukkan password atau nomor ujian. Kalau lolos dari ujian pertama, baru bisa lanjut ke tahap kedua,” kata Firmansah.

Ia mengatakan, meski pada 2013 pemkot Batam dipastikan akan membuka penerimaan CPNS namun hingga saat ini Pemerintah Kota Batam belum menerima formasi yang disetujui pemerintah pusat. “Kami sudah mengajukan, tapi belum diketahui berapa yang disetujui,” kata dia.

Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Eko Prasodjo sebelumnya mengatakan, penerimaan CPNS akan dilakukan setiap saat, sesuai dengan kebutuhan pusat dan daerah.

Pemerintah akan menggunakan proses komputerisasi dalam seleksi ujian untuk menekan potensi dan angka pelanggaran.

Sementara untuk rekrutmen CPNS dilakukan dengan memenuhi tiga syarat diantaranya setelah daerah memiliki peta jabatan serta rencana kebutuhan pegawai untuk lima tahun ke depan diikuti analisis jabatan dan analisis beban kerja.

Selain itu, rekrutmen dilakukan dengan anggaran belanja pegawainya di bawah 50 persen dari APBD. Perekrutan hanya dilakukan setelah mendapat izin dari Komite Pengarah Reformasi Birokrasi yang diketuai Wakil Presiden.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------
Tolong Bagikan artikel ini kepada yang lain ya...

Persiapkan diri ANDA untuk Lulus PNS 2013.
Miliki Panduan Lengkapnya (Materi dan Latihan Soal) Agar Lulus PNS 2013. Klik : "Panduan Lulus PNS 2013".

Ikuti Info CPNS paling Terbaru melalui Facebook PusatPenerimaanCpns.Com, Ikut Diskusi & Berlatih menjawab Soal-soal Latihan Cpns DISINI. follow juga twitter nya DISINI... 
----------------------------------------------------------------------------------------------------------
Dapatkan Penawaran Panduan Lulus PNS senilai Rp 100.000,- di email

Masukkan email Anda:

Ikuti Update Info CPNS 2014 di Facebook, klik LIKE

×
Ikuti Update Info CPNS 2014 di email

Masukkan email Anda:

Ikuti Info CPNS di Google+