Home » » Bentuk Soal Ujian CPNS / CASN 2013

Bentuk Soal Ujian CPNS / CASN 2013

HOT : Pemerintah Segera Memulai Penerimaan CPNS bulan Juni 2014. Ujian akan memakai sistem Computer Assisted Test (CAT).
Kisi-Kisi Resmi SOAL CPNS 2014, Klik ini: Kisi.CpnsOnline.com
Bentuk Soal Ujian CPNS / CASN 2013 : Pernahkah anda terfikir bagaimana sebenarnya konsep dan pedoman yang ada pada pemerintah dalam hal pembuatan soal CPNS? Perlu kita ketahui bahwa soal cpns tidak dibuat dengan sembarangan begitu saja, pembuatannya didasarkan kepada pedoman-pedoman yang sudah ditetapkan. dengan mengetahui konsep dan bentuk soal yang akan diberikan dan diujikan, akan memudahkan kita dalam menjawab soal-soal yang akan diberikan.

Sebelum ini kita juga sudah menuliskan bidang-bidang test apa saja yang diprioritaskan pada test CPNS 2013 kali ini, silahkan anda lihat pada artikel sebelum ini. Untuk pedoman dan konsep soal-soal ujian CPNS / CASN 2013 adalah :

1. Test Kompetensi Dasar
Soal ujian test kompetensi dasar ini disediakan oleh
team yang ada pada kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara (KemenPan) dan Reformasi.
test ini meliputi :

  •     a. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 Pilar Kebangsaan Indonesia.
  •     b. Tes Intelegensi Umum (TIU) dimaksudkan untuk menilai;
  •     c. Tes Karakteristik Pribadi (TKP) untuk menilai;

2. Test Kompetensi Bidang :
Soal ujian test kompetensi Bidang CPNS 2013 ini disusun oleh team di masing-masing departemen / kementerian bersangkutan.
  •         a. Materi soal ujian kompetensi bidang disesuaikan dengan karakteristik jabatan.
  •         b. Penyusunan materi soal ujian tulis kompetensi bidang adalah tanggungjawab Instansi Pembina Jabatan Fungsional yang bersangkutan. Pelaksanaan disarankan berkoordinasi dengan PPK Instansi Pengguna melalui Panitia Pengadaan CPNS Instansi.
  •         c. Dalam rangka menjaga keamanan dan kerahasiaan materi soal ujian kompetensi bidang, Instansi Pembina Jabatan Fungsional dapat melakukan penggandaan, pendistribusian, pengawasan ujian, pengumpulan soal dan LJK hasil ujian serta pengolahan LJK hasil ujian kompetensi bidang.
  •         d. Materi tes praktek disusun oleh Instansi Pembina Jabatan Fungsional dalam bentuk panduan tes praktek sesuai dengan kebutuhan jabatan yang memuat rincian informasi yang akan diperoleh dari pelamar CPNS, bentuk praktek, kriteria penguji, serta kriteria hasil tes praktek.
  •         e. Materi tes psikologi lanjutan disusun oleh instansi yang bersangkutan dalam bentuk panduan wawancara sesuai dengan kebutuhan jabatan yang memuat rincian informasi yang akan diperoleh dari pelamar CPNS, bentuk/jenis tes psikologi, kriteria penguji psikologi, serta kriteria hasil tes psikologi.
  •         f. Materi tes wawancara disusun oleh instansi yang bersangkutan dalam bentuk paduan wawancara sesuai dengan kebutuhan jabatan yang memuat rincian informasi yang akan diperoleh dari pelamar CPNS, teknik wawancara, kriteria pewawancara, serta kriteria hasil penilaian wawancara.
Itulah bidang-bidang dan konsep soal ujian cpns 2013. pelajari baik-baik dan satu persatu bidang-bidang tersebut, terutama bidang test kompetensi dasar, karena bidang tersebut memiliki bobot nilai yang paling banyak dan menentukan.

Miliki kumpulan materi dan latihan soal CPNS yang sudah kami susun, agar anda lulus CPNS / CASN 2013. ambil ke Panduanluluspns.com (sms 08566 4141 551)



----------------------------------------------------------------------------------------------------------
Tolong Bagikan artikel ini kepada yang lain ya...

Persiapkan diri ANDA untuk Lulus PNS 2013 ini.
Pelajari Panduan Lengkapnya (Materi dan Latihan Soal lengkap) Agar Lulus PNS 2013, ""SMS ke 08566 4141 551 ( http://PanduanLulusPNS.com )".

Ikuti Info CPNS paling Terbaru melalui Facebook PusatPenerimaanCpns.Com, Ikut Diskusi & Berlatih menjawab Soal-soal Latihan Cpns DISINI. follow juga twitter nya DISINI... 
----------------------------------------------------------------------------------------------------------
Dapatkan Info CPNS 2014 di FB. Klik "LIKE"
GRATIS BAB I
Panduan Lulus PNS Senilai Rp 50.000,-

Google+ Followers

Ikuti Update Pengumuman CPNS Terbaru melalui Email. Masukkan email anda dibawah :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner